Beranda | Artikel
Pemimpin yang Tegas
Senin, 16 Juni 2014

Manakah yang pantas untuk dipilih, pemimpin yang tegas akan tetapi fasik (tidak shalih) ataukah pemimpin yang shalih namun tidak tegas (banyak toleransi)?

Syaikh Sholeh Al Fauzan menjelaskan bahwa pemimpin yang tegas itu lebih baik. Meski ia adalah orang yang gemar maksiat. Maksiatnya adalah tanggung jawabnya di sisi Allah. Sedangkan ketegasannya amat bermanfaat bagi kaum muslimin. Sedangkan orang yang shalih namun tidak amanah kurang pantas jadi pemimpin. Karena keshalihan adalah kemanfaatan untuk diri sendiri. Sedangkan tidak amanah berakibat buruk bagi orang banyak. (Syarh Masailil Jahiliyyah, hal. 33).

Dalam ajaran Islam, pemimpin yang fasik akan tetap ditaati. Karena kefasikan atau maksiat yang ia perbuat akan jadi tanggungan ia sendiri. Ia pun tetap ditaati ketika berbuat zalim. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَسْمَعُ وَتُطِيعُ لِلأَمِيرِ وَإِنْ ضُرِبَ ظَهْرُكَ وَأُخِذَ مَالُكَ فَاسْمَعْ وَأَطِعْ

Dengarkan dan patuhilah penguasa, meski penguasa tersebut memukuli punggungmu dan merampas hartamu. Tetap dengarlah dan taat.” (HR. Muslim no. 1848).

Guru kami, Syaikh Sholeh Al Fauzan berkata, “Ketika penguasa tersebut berbuat zalim tetap wajib ditaati. Kerusakan saat taat pada penguasa saat ia bermaksiat lebih ringan daripada harus memberontak. Rasa aman tetap ada dan akan hilang perpecahan di tengah-tengah umat.” (Idem)

Jadi pemimpin yang tegas tentu saja lebih baik daripada yang terlalu toleran (tidak tegas).

Semoga jadi bahan renungan. Hanya Allah yang memberi taufik.

 

Referensi:

Syarh Masailil Jahiliyyah, Syaikh Sholeh bin Fauzan bin ‘Abdillah Al Fauzan, terbitan Darul Bashiroh.

Disusun di malam hari, di Pesantren DS, 18 Sya’ban 1435 H

Akhukum fillah: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Rumaysho.Com

Ikuti status kami dengan memfollow FB Muhammad Abduh TuasikalFans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat, Twitter @RumayshoCom

Telah hadir 2 buku terbaru buah karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal “10 Pelebur Dosa” sebanyak 64 halaman (ukuran buku saku) dan buku “Bermodalkan Ilmu Sebelum Berdagang sebanyak 198 halaman (ukuran A5) terbitan Pustaka Muslim Yogyakarta. Dapatkan segera dengan harga Rp.6.000,- untuk 10 pelebur dosa dan Rp.30.000,- untuk Bermodalkan Ilmu Sebelum Berdagang (belum termasuk ongkir).

Segera pesan via SMS +62 852 00 171 222 atau BB 2A04EA0F atau WA +62 8222 604 2114. Kirim format pesan: paket buku dagang dan pelebur dosa#nama pemesan#alamat#no HP#jumlah paket.


Artikel asli: https://rumaysho.com/7934-pemimpin-yang-tegas.html